Kamis, 26 September 2024

Pupus Putus Sekolah 1,2,3 (Anak berharga, Anak Gigih, Anak Keluarga)

Buku yang maknanya dalam banget tapi ditulis dengan bahasa komik yang santai, bagi saya di luar ekspetasi ketika selesai membacanya. 

Buku ini membahas tentang pendidikan dalam arti sebenarnya, bukan hanya pendidikan dalam lingkup sekolah formal. 

Belajar itu seumur hidup, jika diartikan belajar hanya di sekolah, bagaimana nasib yang tidak bisa sekolah seperti pupus dalam cerita ini, tinggal hanya bersama nenek nya, kemudian setelah neneknya tiada sekolahnya pun berhenti. Beruntung pupus diajak tinggal bersama prof Suryo dan memberikan kebebasan bagi pupus untuk belajar apa saja.

Dialog Pupus dan prof Suryo sangat meaningful seperti
Prof " Manusia akan tumbuh kearah apa yang ia inginkan, seperti tanaman tumbuh ke arah matahari, klo kamu tidak ingin apa2, kemana kamu akan tumbuh?"
Pupus "Dulu aku cuma mikir bagaimana bisa lolos dari ulangan satu ke ulangan lainnya, dari ujian ke ujian lainnya,  sekarang waktu dapat kesempatan dan kebebasan aku baru sadar kalau aku ga tau apa2, nggak tau mau kemana".

"Semua yang ada di dunia ini bisa jadi berharga atau akan jadi sampah tergantung dimana ia berada"  

Pupus" Boleh Khan pengen belajar yang gini2 aja bukan nyembuhin tumor atau pergi ke bulan? "

Prof " Kalau pengetahuan Khan, skrg hampir semuanya ada di internet. Orang yang baru mulai belajar seperti kamu kadang butuh pembimbing biar tidak bingung dan tersesat"

Pupus : "iya kadang aku merasa mbah Gugel itu kebanyakan klo ngasih tahu, malah bingung" 

Prof : " Betul itu, karena itu kamu butuh orang yang mengenal kemampuanmu, kelemahanmu, keunggulanmu dan cara belajar yang cocok buatmu, termasuk impian-impianmu. Sehingga dia  bisa membimbingmu dengan baik ke arah mana kamu ingin melangkah, itu cuman bisa dilakukan klo kamu bisa apa dan 
kamu mau apa".

Pupus: "Definisi keluarga 
Tempat tumbuh tanpa perlu khawatir macam2 
Tempat dimarahin sekaligus diajarin
Tempat buat pulang waktu ga tau lagi harus kemana
Dll...

Suka buku ini karena membahas pendidikan secara sederhana, sedangkan diluar sana pendidikan identik dengan biaya yang mahal dan berlomba sekolah di tempat yang terkenal.

Dengan pengalaman hidup saya selama ini, lebih berarti menjadi orang yang bermanfaat bagi diri dan sekitar walau hanya dengan sesuatu yang kecil daripada hanya sekedar lulus sekolah bergengsi dapat pekerjaan bagus, kemudian ngumpulin duit, berharta banyak, selesai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar